Tahap selanjutnya adalah pembuatan marker, penulis membuat
marker menggunakanVuforia SDK yang
terdapat pada https://developer.vuforia.com/. Siapkan gambar
yang akan dibuat sebagai marker, kemudian upload gambar tersebut pada Vuforia,
selanjutnya gambar tersebut akan diproses untuk dijadikan sebagai
marker. Download hasil marker yang sudah selesai diproses. Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan marker
:
Langkah pertama
yang dilakukan yaitu membuk halaman
web https://developer.vuforia.com/ Kemudian login pada web tersebut,
bagi pengguna baru yang belum memiliki akun pada Vuforia SDK dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. LihatGambar
1.1 danGambar 1.2
Gambar
1.2Laman web Vuforia SDK
Gambar
1.2 Login Vuforia
Setelah
login padaVuforia SDK, kita akan membuat
database untuk menyimpan marker yang akan kita buat atau
marker yang sudah kita buat. Pilih target
manager yang terdapat pada
menu bagian atas laman web. Kemudian pilih create database lalu masukan nama database yang ingin dibuat,
jika sudah yakin pilih create. Lihat Gambar 1.3 dan Gambar 1.4
Gambar
1.3membuat database
Gambar
1.4Pemberiannama database
Penulis membuat
database dengan nama Katak, maka setelah pembuatan database
berhasil akan terdapat database dengan nama Katak. Pilih database tersebut untuk upload gambar yang ingin dijadikan sebagai
marker. Gambar yang dijadikan marker harus berekstensi JPG atau PNG
dengan maksimal size 2.0MB. Selanjutnya pilih add
target pada sebelah kanan. Lihat Gambar 1.5 dan Gambar 1.6.

Gambar 1.5 Datbase yang sudah dibuat
Gambar 1.6 Add
target
Setelah itu akan muncul
form mengenai nama, ukuran, dan tipe target dari marker yang ingin dibuat.
Terdapat 4 buahtipe target pada vuforia :
a. Single
Image, untuk membuat marker berupa gambar 2 Dimensi.
b. Cube,
untuk marker yang berbentuk kubus.
c. Cuboid,
untuk marker berbentuk persegi panjang.
d. Cylinder,
untuk marker yang berbentuk silinder, Lihat Gambar 1.7.
Gambar
1.7 Memasukan gambar marker.
Penulis membuat target name Katak, kemudian memilih target type single image karena gambar
yang akan dibuat sebagai marker merupakan gambar 2 Dimensi dengan lebar marker 100.
lalu pilih choose file untuk memasukan gambar kemudian Add. Berikut adalah gambar yang
akan dijadikan sebagai marker. Lihat gambar 1.8.
Gambar
1.8 gambar marker
Setelah marker
selesai dibuat, maka penulis dapat mendownload marker
yang sudah menjadi unity package yang nantinya akan di import pada unity.
Checklist marker yang dijadikan package, kemudian klik button download selected
targets. Lihat Gambar 1.9.
Gambar
1.9 Download unity package
Selanjutnya akan muncul form download, terapat 2 pilihan yaitu SDK dan unity editor. Pilih Unity editor untuk membuat unity package kemudian create. Lihat Gambar 1.20.
Gambar
1.10 Download unity package
Setelah selesai mendownload
unity package kemudian penulis melakukan hal yang sama kepada objek yang akan ingin di jadikan marker sesuai kebutuhan.
semua gambar bisa dijadiin marker?
BalasHapus