Selasa, 04 November 2014

CARA MEMBUAT MARKER AR


  Pembuatan Marker


              Tahap selanjutnya adalah pembuatan marker, penulis membuat marker menggunakanVuforia SDK yang terdapat pada https://developer.vuforia.com/. Siapkan gambar yang akan dibuat sebagai marker, kemudian upload gambar tersebut pada Vuforia, selanjutnya gambar tersebut akan diproses untuk dijadikan sebagai marker. Download hasil marker yang sudah selesai diproses.  Berikut adalah langkah-langkah dalam pembuatan marker :
          Langkah pertama yang dilakukan yaitu membuk halaman web https://developer.vuforia.com/  Kemudian login pada web tersebut, bagi pengguna baru yang belum memiliki akun pada Vuforia SDK dapat melakukan registrasi terlebih dahulu. LihatGambar 1.1 danGambar 1.2









Gambar 1.2Laman web Vuforia SDK


Gambar 1.2 Login Vuforia

         Setelah login padaVuforia SDK, kita akan membuat database untuk menyimpan marker  yang akan kita buat atau marker yang sudah kita buat. Pilih target manager yang terdapat pada menu bagian atas laman web. Kemudian pilih create database lalu masukan nama database yang ingin dibuat, jika sudah yakin pilih create. Lihat Gambar 1.3 dan Gambar 1.4


Gambar 1.3membuat database


Gambar 1.4Pemberiannama database

          Penulis membuat database dengan nama Katak, maka setelah pembuatan database berhasil akan terdapat database dengan nama Katak. Pilih database tersebut untuk upload gambar yang ingin dijadikan sebagai marker. Gambar yang dijadikan marker harus berekstensi JPG atau PNG dengan maksimal size 2.0MB. Selanjutnya pilih add target pada sebelah kanan. Lihat Gambar 1.5 dan Gambar 1.6.


Gambar 1.5 Datbase yang sudah dibuat


Gambar 1.6 Add target


Setelah itu akan muncul form mengenai nama, ukuran, dan tipe target dari marker yang ingin dibuat. Terdapat 4 buahtipe target pada vuforia :
a.       Single Image, untuk membuat marker berupa gambar 2 Dimensi.
b.      Cube, untuk marker yang berbentuk kubus.
c.       Cuboid, untuk marker berbentuk persegi panjang.
d.      Cylinder, untuk marker yang berbentuk silinder, Lihat Gambar 1.7.


Gambar 1.7 Memasukan gambar marker.

          Penulis membuat target name Katak, kemudian memilih target type single image karena gambar yang akan dibuat sebagai marker merupakan gambar 2 Dimensi dengan lebar marker 100. lalu pilih choose file untuk memasukan gambar kemudian Add. Berikut adalah gambar yang akan dijadikan sebagai marker. Lihat gambar 1.8.


Gambar 1.8 gambar marker

          Setelah marker selesai dibuat, maka penulis dapat mendownload marker yang sudah menjadi unity package yang nantinya akan di import pada unity. Checklist marker yang dijadikan package, kemudian klik button download selected targets. Lihat Gambar 1.9.


Gambar 1.9 Download unity package

          Selanjutnya akan muncul form download, terapat 2 pilihan yaitu SDK dan unity editor. Pilih Unity editor untuk membuat unity package kemudian create. Lihat Gambar 1.20.


Gambar 1.10 Download unity package

          Setelah selesai mendownload unity package kemudian penulis melakukan hal yang sama kepada objek yang akan ingin di jadikan marker sesuai kebutuhan.

1 komentar:

Disney Mickey Mouse Glitter